Senin, 22 Mei 2017

Perbedaan Pelaporan Akuntansi asuransi syariah dan asuransi konvensional

Oleh : Halimah Assa’diyyah
41401018
Dalam menjalanai kehidupan, manusia selalu dihadapkan pada berbagai risiko yang tidak disenangi dan bersifat merugikan. Segala sesuatu pasti mengandung resiko. Kita tidak akan tau kapan kita akan terlibat dengan keadaan yang tidak di inginkan . Oleh karena itu, asuransi digunakan untuk mempersiapkan diri dari resiko yang akan terjadi di masa depan.
Asuransi merupakan sebuah bentuk pengendalian atas risiko yang dilakukan dengan cara mengalihkan resiko dari pihak tertanggung ke pihak penanggung. Melesat nya bisnis asuransi syariah di Indonesia, hal ini ditandai dengan meningkatkan jumlah pemegang polis dan dana premi yang terkumoul cukup signifikkan. Masyarakat mulai menyadari pentingnya perlindungan yang memberikan rasa nyaman secara lahir dan batin.
Menurut data pertahun 2014, Indonesia telah memiliki 49 perushaaan asuransi syariah yang terdiri dari 21 asuransi jiwa, 25 asuransi umum syariah, dan 3 reasuransi syariah dengan total asset mencapai Rp 22,4 triliun dan kontribusi bruto mencapai Rp 9,3 triliun (OJK,2015)
Perbedaan Asuransi Konvensional dan syariah bukan hanya terjadi dalam akad nya saja namun juga pelaporan akuntansi. Akuntansi asuransi konvensional keuntungan yang di dapatkan oleh perusahaan asuransi diakui sebagai laba perusahaan. Sedangkan pada akuntansi asuransi syariah apabila terdapat keuntungan dibagikan berdasarkan rasio pembagian keuntungan yang telah disepakati antara perusahaan dan peserta (Hairul,2015).

Membedakan antara akuntansi asuransi konvensional dan asuransi syariah dapat dilihat dari perbedaan pengakuan untuk premi asuransi, laba ataupun surplus investasi dan keuntungan yang didapatkan. Perbedaan untuk pengakuan tersebut terjadi karena adanya perbedaan sistem akuntansiyang dianut oleh masing – masing jenis asuransi. Selain itu, tujuan asuransi konvensional dan asuransi syariah yang berbeda menyebabkan perbedaan perlakuan meskipun untuk transaksi yang sama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar