Sabtu, 06 September 2014

Sejarah wina


Wina (bahasa Jerman:Wien, bahasa Inggris: Vienna, bahasa Perancis: Vienne, bahasa Ceko: Vídeň , bahasa Itali:Vindobona) adalah ibukota dan salah satu dari 9 provinsi di Austria. Selama berabad-abad kota ini berperan sebagai ibukotaKekaisaran Habsburg dan pusat ekonomi Eropa Tengah bagian selatan.
Dikenal sebagai kota budaya, merupakan tempat kelahiran dari banyak musisi ternama seperti Schubert, Johann Strauss I, dan Brahms. Sedangkan bagi Mozart dan Beethoven Wina adalah kota dalam meniti karier, puncak hingga menutup mata. Dengan hal tersebut dari kota inilah banyak lahir gubahan-gubahan dan opera terkenal, sehingga dijuluki sebagai "kota musik di barat". Sekarang Wien masih berperan sebagai kota musik, walaupun sudah dilampaui kota-kota lain di Eropa.
Arsitektur Wien merefleksikan bentuk-bentuk terbaik dari berbagai zaman, mulai dari periode Gothik, Barok, dan moderen. Konferensi-konferensi diplomatik dunia sering diselenggarakan di Wien. Badan PBB seperti IAEA (International Atomic Energy Agency), UNIDO (United Nations Industrial Development Organization), OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) bermarkas besar di VIC: Vienna International City.
Wien bangkit dari kehancuran akibat Perang Dunia II menjadi kota industri moderen dan pusat komunikasi. Setelah periode pembangunan, Wien kembali membangun kejayaan sebagai pusat kebudayaan dan kesenian, musik, teater, kuliner, dan pariwisata







Tidak ada komentar:

Posting Komentar