Rabu, 14 September 2016

6 Alasan kenapa kamu harus Study abroad


Study abroad atau belajar di luar negri, bagi saya pribadi adalah sebuah kesempatan emas untuk memperbaiki masa depan sendiri serta kemajuan negara. Di era globalisasi ini, pesaing kita bukan hanya dari negri sendiri, melaikan dari negri tetangga. So, kita harus memiliki bekal yang cukup untuk bersaing. Kali ini saya akan mencoba menulis 6 alasan kenapa kamu harus study abroad. Alasan ini merupakan dari sudut pandang saya yang saya rangkum dari cerita – cerita yang saya dengar langsung dari mahasiswa yang melakukan study abroad itu sendiri. Yuk langsung disimak :

1.       Ekstra mandiri

 




Kamu akan merasakan perbedaan yang mencolok ketika kamu kuliah di negri sendiri dengan kuliah di negri orang lain, study abroad akan membuat kemandirian kamu semakin meningkat, karna kamu tidak bisa mengadalkan keluarga di rumah untuk bisa mengirim uang ketika uang bulanan mu habis. Kuliah di luar negri juga  menuntut kamu untuk memepelajari sesuatu yang mungkin tidak pernah kamu lakukan di negri mu, contoh nya saja memasak. Memasak cenderung lebih hemat daripada kamu membeli makanan di restoran, serta jika kamu muslim kamu tak perlu ragu makanan mu itu halal atau haram, karna toh kamu yang memasak nya.

2.      
Wawasan lebih luas.




Berbekal study abroad akan membuat sudut pandang kamu berubah. Karna saat itu kamu memandang suatu permasalahan bukan hanya dalam negri mu saja, atau hanya sektor asean tapi sudah mendunia. C’mmon dunia ini tidak se-sempit yang kamu fikirkan, maka padanglah sebuah permasalahan dengan sudut pandang yang lebih luas.

3.       Memperbaiki kualitas negri  dengan memperbaiki kuaitas diri

 




Kualitas sebuah negri tergantung dengan kondisi kualitas pemuda tersebut dalam bangsanya. Bahkan dalam pidato Ir. Soekaarno mengatakan “Beri aku 10 pemuda maka akan aku goncangkan dunia”. Hal ini masih berkorelasi jika pendidikan yang bermutu lah mampu memutus rantai kemiskinan yang mengakar pada suatu negara.

4.       Belajar budaya negara lain




Kamu akan mempelajari budaya langsung di negri orang langsung dari tangan pertama, dan menyaksikan nya dengan matamu sendiri. Pengalaman seperti ini tidak akan kamu dapatkan jika kamu tidak mulai merencanakan study abroad dan rasanya akan berbeda jika kamu mempelajari budaya dengan hanya membaca dalam sebuah website atau menonton lewat acara TV. Menyenangkan bukan ?

5.      
Melatih bahasa asing






Cara efektif untuk mengasah suatu ilmu adalah jika kita langsung mempraktikan hal tersebut, pastinya dengan bekal yang kita peroleh sebelumnya. Jika kamu melanjutkan study mu di luar negri, otomatis kamu akan bersentuhan langsung dengan masyarakat di sekitar sana dan untuk berkomunikasi dengan mereka kamu harus menguasai bahasa mereka, seminimal bahasa inggris. Mungkin pada awal nya kamu akan merasa kesulitan, tapi lambat laun kamu akan terbiasa.

6.      Jaringan yang lebih luas


bersama PPI Ntu Singapura 
 Ketika kamu study abroad pasti nya kamu akan bertemu dengan PPI (persatuan Pelajar Indonesia) yaitu sebuah wadah organisasi yang mempertemukan para mahasiswa indonesia yang sedang melanjutkan study nya di Luar negri. Jangan heran jika nanti kamu bertemu mahasiswa – mahasiswa yang luar biasa dari kamu. Mungkin saja nanti kamu bisa menjalin resale dengan mereka dan membuat sebuah proyek untuk kemaj
uan indonesia. Selain jaringan PPI bisa kamu dapatkan, kamu juga berkesemapatan untuk mendapatkan teman dari berbagai negara di dunia. Mengenal nya secara personal akan menambah keakraban mu siapa tau dari situlah kamu merasa memiliki keluarga kecil. Pernah membayangkan memiliki teman dari segala penjuru negri.

Itulah 6 alasan mengapa kamu harus study abroad menurut penulis :), terlepas dari itu semua 6 alasan tersebut adalah pandangan dari saya pribadi, dan pastinya masih banyak segudang alasan mengapa kamu harus study abroad.. Apapun pilihan mu, tetap lakukan yang terbaik dan jadi yang terbaik yah :) 



1 komentar: